Menemukan Ragam Budaya Sulawesi Barat Melalui Mamuju

19 Jul 2022
2990 viewers

Dalam upaya mendorong kebangkitan ekonomi di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, tahun ini Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bersama dengan pihak BNI bekerjasama untuk memasukan Rumah Tenun Ikat Sokemandi ke gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Tenun Sekomandi merupakan warisan leluhur masyarakat Kalumpang di Mamuju yang telah ada sejak ratusan tahun silam. Kabarnya, tenun Sekomandi bahkan sudah tercatat di Amerika dan sedang dalam proses untuk dipromosikan di San Fransisco. Hal ini tentu tidak mustahil untuk dilakukan, mengingat ekspor produk ekonomi kreatif Indonesia berhasil menembus angka 21,8 milyar pada tahun lalu.

Saat ini, Kemenparekraf sedang berfokus mendukung wisata bahari, wisata pegunungan, desa wisata, dan hasil karya masyarakat Mamuju melalui gerakan apresiasi, promosi, adaptasi, dan inovasi. Selain itu, nama Kabupaten Mamuju juga semakin terkenal karena adanya Manakarra Fair 2022 yang berhasil masuk ke dalam 100 besar Kharisma Event Nusantara 2022. 

Semoga dengan dukungan dari Kemenparekraf, masyarakat Mamuju dapat mengembangkan ekonomi dan membuka semakin banyak lapangan kerja berkat produk atau jasa wisata yang mengedepankan unique selling point, inclusivity, serta sustainability.

Tags : 2022 Bangga Buatan Indonesia Desa Wisata Ekonomi Kreatif Sulawesi Barat

Most viewed videos