Menparekraf Dorong Desa Wisata Kampung Tua Bakau Serip Jadi Destinasi Ekowisata Pilihan di Batam

Marcell Lahea
31 May 2022
2004 viewers

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong Desa Wisata Kampung Tua Bakau Serip yang masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 menjadi destinasi ekowisata pilihan bagi wisatawan baik nusantara juga mancanegara di Batam, Kepulauan Riau.

Menparekraf Sandiaga mengatakan Desa Wisata Kampung Tua Bakau Serip memiliki potensi wisata alam yang kuat karena memiliki ekowisata hutan bakau Pandang Tak Jemu. Desa wisata ini juga memiliki kekayaan tradisi budaya dan sektor ekonomi kreatif yang beraneka ragam. Seperti kerajinan tangan dari kerang dan eceng gondok, juga kuliner khas seperti olahan gonggong. 

Desa Wisata Kampung Tua Bakau Serip ini juga memiliki keunggulan karena jarak yang cukup dekat dari Bandara Internasional Hang Nadim, sekitar 14,2 kilometer. Dengan keunggulan itu Kampung Tua Bakau Serip bisa menjadi destinasi studi banding bagi siswa sekolah dari Singapura.

"Ini adalah bagian dari kebangkitan ekonomi kita dan ada beberapa terobosan yang kita bisa kolaborasikan dengan Konsulat Jenderal Singapura di mana anak-anak sekolah yang libur di Singapura bisa mengunjungi Kampung Tua Bakau Serip dan belajar tentang konservasi, edukasi tentang ekonomi kreatif, budaya, dan lain sebagainya," kata Menparekraf Sandiaga dalam kunjungannya ke Desa Wisata Kampung Tua Bakau Serip, Selasa (31/5/2022).

Sandiaga mengungkapkan ADWI 2022 diharapkan mampu meningkatkan potensi-potensi yang ada sehingga membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi warga Kampung Tua Bakau Serip. 

Tags : Anugerah Desa Wisata Desa Wisata KemenparekrafRI Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pesona Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno Wonderful Indonesia

Most viewed photos