Rizky Mengabdi Sejak Dini

Azhari Setiawan
30 Jun 2020
3726 viewers

Rizky Kuncoro Manik adalah sosok anak sederhana yang tampan dan kharismatik. Dia pemalu dan moody layaknya seorang anak berumur 10 tahun. Bocah tampan ini sudah ikut Mbah Suyat ke keraton sejak berusia 15 bulan. "Aku minta ikut ke keraton tapi kayak Bapak" tutur Rizki kepada kami setelah suasana mulai mencair. Mbah yang dipanggil Bapak pun mengangguk menyetujui sembari memperlihatkan jarik, pranaan, dan peranti busana abdi dalem keraton yang ingin dikenakan Rizky sejak umur 15 bulan.

Anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar ini menjalani tugasnya sebagai abdi dalem hanya di hari Sabtu dan Minggu, sisanya ia belajar di SDN Inti Glagah. Selain belajar di sekolah, Rizky juga bermain Futsal bersama teman-temannya. Menurut si Mbah, Rizky sangat piawai dalam menjaga gawang.

Rizky juga belajar menari dan menghafal Suluk atau Syair yang dilagukan dalang agar kelak bisa masuk sekolah dalang Keraton Yogyakarta (Habirandha). Mungkin anak-anak seumurannya tidak akan pernah terpikirkan untuk mengorbankan waktu bermain dan memilih untuk menjadi abdi dalem dan melestarikan budaya.

Tags : Pesona Indonesia Thoughtful Indonesia Wonderful Indonesia Yogyakarta

Most viewed photos