Buka Peluang Kerja dan Bangkitkan Ekonomi, Menparekraf Dukung Program Belanja Melalui E-catalog

Azhari Setiawan
24 Feb 2022
1657 viewers

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mendukung program belanja pemerintah melalui e-catalog yang memungkinkan UMKM untuk menjadi penyedia barang dan jasa yang dibutuhkan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengarahkan kementerian dan lembaga agar mengoptimalkan pembelian produk dalam negeri, terutama produk dari UKM/IKM/artisan hingga Rp400 triliun melalui e-catalog pada 2022. 

Tujuannya agar membuka peluang kerja seluas-luasnya, hingga membangkitkan perekonomian nasional. 

Oleh karena itu, Menparekraf Sandiaga mengajak K/L, Pemda, BUMN, dan BUMD untuk mendukung program pemerintah dalam mengembangkan UMKM dengan berbelanja produk mereka melalui e-catalog. 

Menparekraf Sandiaga dalam Rapat Koordinasi Kebijakan Peningkatan Pembelian dan Penggunaan Produk Dalam Negeri dalam Rangka Bangga Buatan Indonesia bersama Kementerian/Lembaga di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, Kamis (24/2/2022), menyampaikan pihaknya akan memastikan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk bisa tampil di e-catalog. 

"Kami juga akan pastikan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk tayang di e-catalog, sehingga mereka masuk ke dalam ekosistem ekonomi digital," kata Sandiaga. 

Lebih lanjut, Sandiaga menyampaikan bahwa e-catalog ini merupakan salah satu inovasi dalam menciptakan permintaan terhadap produk dalam negeri, proses industrialisasi, dan menciptakan lapangan kerja baru.

"Kami siap memantau hadirnya e-catalog ini. Kami berharap e-catalog ini berdampak positif, " ujarnya. 

Rakor yang diselenggarakan secara daring dan luring tersebut juga dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, dan sejumlah kepala daerah. 

Tags : Makassar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno Sulawesi Selatan Luhut Binsar Pandjaitan Kemenkomarves

Most viewed photos