Merasakan Langsung Sensasi Menyusuri Pemakaman Goa Londa Toraja Utara

Azhari Setiawan
23 Nov 2021
7632 viewers

Toraja Utara memiliki berbagai destinasi yang menawarkan sensasi berbeda, salah satunya adalah wisata makam kuno di Goa Londa. Di dalam goa ini wisatawan dapat menyaksikan langsung peti-peti yang berisikan jenazah dan juga tulang belulang dari para pendahulu yang dimakamkan di sini, Selasa (23/11/2021). Goa Londa sendiri terletak di Desa Sandan Uai, Kecamatan Sanggalangi, Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan.

Sebelum masuk ke dalam goa, kita akan disuguhkan pemandangan yang unik di depan pintu goa, yaitu terdapat banyak sekali tau-tau (patung, dalam bahasa Toraja) yang menyerupai wajah asli orang yang meninggal.

Untuk masuk ke dalam Goa Londa ini, wisatawan harus menyewa penerangan yang akan dibawakan oleh waga sekitar. Tidak hanya membawa lampu petromak, para warga di sini juga menjadi guide untuk para wisatawan, maklum goa yang terbentuk secara alami ini memiliki banyak lorong-lorong sempit dan juga batuan cukup licin dan terjal yang bisa membahayakan para wisatawan.

Selain itu, ada cerita unik dari jenazah yang dimakamkan di sini. Tepat di ujung goa ada sepasang jenazah yang sudah menjadi tengkorak yang diletakkan di depan peti mereka. Menurut cerita dari guide kami, konon mereka berdua adalah sepasang kekasih yang tidak direstui keluarganya, akhirnya mereka bunuh diri berdua, dan pihak keluarga memakamkan mereka secara berdampingan di dalam Gua Londa.

Tags : Goa Londa Pesona Indonesia Sulawesi Selatan Toraja Utara Wonderful Indonesia

Most viewed photos