Menparekraf Kunjungi Pameran Batik di Museum Danar Hadi Solo Jateng

Azhari Setiawan
10 Oct 2021
4446 viewers

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, melanjutkan kunjungan kerjanya ke Solo, Jawa Tengah, dengan mengunjungi pameran di Museum Batik Danar Hadi.

Dalam kunjungan yang dilaksanakan pada Sabtu (9/10/2021), Sandiaga mengaku takjub dengan koleksi-koleksi yang dimiliki oleh museum yang telah berdiri sejak 1967 itu. "Saya sangat kagum dan ini merupakan kesan yang sangat mendalam, di mana kita melihat wisata berbasis heritage yaitu batik," kata Sandiaga.

Sandiaga mengatakan, batik merupakan warisan budaya dan kearifan lokal nasional yang patut dilestarikan dalam upaya membangkitkan perekonomian nasional, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Terlebih, grup Danar Hadi memiliki sekitar 2000 orang pekerja yang sangat bergantung kepada keberlangsungan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Sebanyak 2000 pekerja ini sangat bergantung kepada alur wisatawan dan Kota Solo ini adalah salah satu kota yang mengandalkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," katanya. Sehingga, Sandiaga pun mendorong penerapan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin serta pemanfaatan aplikasi "PeduliLindungi" di lokasi Museum Batik Danar Hadi.

"Kita ingin selamatkan lapangan kerja dan melestarikan batik dan kita juga ingin museum batik ini menjadi pilihan utama bagi wisatawan di masa pandemi dan pascapandemi. Nanti kita akan install QR-Code PeduliLindungi di sini sehingga semuanya terintegrasi," ujar Sandiaga.

Tags : Batik Jawa Tengah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno Solo Museum Danar Hadi

Most viewed photos