Visitasi ke Kampung Wisata Rejowinangun, Menparekraf Diberi Kado Wayang Sandi Uno dari Dalang Cilik

Azhari Setiawan
8 Oct 2021
3492 viewers

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno melanjutkan visitasi ke 50 Desa Wisata dalam rangkaian Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. Kali ini menparekraf menyambangi Desa Wisata Rejowinangun Kotagede Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (8/10/2021).
 
Dalam lawatan di kampung yang didiami 12.548 jiwa itu, Sandiaga Uno disuguhi pertunjukan wayang kulit yang dibawakan dalang cilik yang berumur 9 tahun, Alby Ersani Widyaputra, di pendopo Kelurahan Rejowinangun. Usai pertunjukkan sekitar 15 menit itu, Alby sapaan akrab Alby Ersani Widyaputra memberikan sebuah wayang yang terbuat dari kardus dengan karakter mirip wajah Sandiaga yang memakai blangkon dan berkacamata. Wayang kardus itu dibuat oleh Alby sendiri.
 
Mendapatkan kado wayang dari Alby, Menparekraf Sandiaga pun menanyakan, jika dalam pewayangan, tokoh lakon apa yang kira-kira akan pantas diperankannya. “Tidak ada,” jawab Alby sambil tersenyum. 
 
“Wayang ini memang wayang untuk Pak Sandi, saya namai Raden Sandi Uno. Alby menuturkan wayang untuk Menparekraf Sandiaga itu dibuatnya terinspirasi sosok Batara Wisnu. Batara Wisnu tokoh wayang favorit saya, karena dia bijaksana,”  lanjut Alby. 
 
Menparekraf Sandiaga Uno yang datang ke Rejowinangun didampingi Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi dan Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan Kemenparekraf/Baparekraf, Indra Ni Tua, berharap Alby kelak bisa menjadi dalang kenamaan, menapaktilasi jejak idolanya, Ki Seno Nugroho, yang sudah berpulang.
 
Menurutnya, peluang itu masih terbuka lebar mengingat usia Alby yang masih begitu muda. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, Menparekraf berjanji menggandeng Alby tampil di berbagai event, baik nasional maupun internasional. Menparekraf juga memberikan satu handphone agar Alby dapat membuat video lebih baik dan membantunya dalam memproduksi konten-konten kreatif. 
 
“Potensinya luar biasa, kami akan dorong dan bantu mempromosikan baik menyertakan di berbagai event-event nasional yang didukung Kemenparekraf maupun internasional,” katanya.

Tags : Anugerah Desa Wisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno Yogyakarta Desa Wisata Rejowinangun

Most viewed photos