Menyusuri Keindahan Desa Wisata di Lereng Gunung Sumbing yang Menyegarkan Mata

7 May 2024
768 viewers

Lereng Gunung Sumbing memiliki banyak desa wisata terkenal yang memikat. Keindahannya telah banyak mempesona wisnus dan wisman. Yang paling terkenal adalah Nepal Van Java yang merupakan julukan dari Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang memiliki lanskap yang menarik untuk dikunjungi. Deretan rumah berwarna-warni diketinggian 1.600 mdpl yang berada di kaki Gunung Sumbing itu hampir mirip dengan kontur yang ada di Pegunungan Himalaya, Nepal.

 

Ada pula Desa Mangli yang terdiri dari dari 3 dusun yaitu Mangli, Bojong dan Dadapan. Di sini, mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani, sehingga dalam perjalanan menuju desa ini, wisatawan dapat melihat banyak perkebunan. Dengan keindahan pesona alamnya, saat ini banyak para wisatawan domestik sering berkunjung pada akhir pekan untuk menikmati keindahan alamnya sekaligus merasakan segarnya udara khas pedesaan yang masih alami. Di samping itu, para pecinta alam bisa juga memulai untuk pendakian Gunung Sumbing melalui Desa Mangli. 

 

Adapula Desa Nampan Sukomakmur yang berada di daerah perbatasan antara Magelang dan Wonosobo, tepatnya terletak di Dusun Nampan, Desa Sukomakmur, Kajoran, Magelang. Di sini, para pengunjung disuguhkan dengan pemandangan alam yang tidak ada duanya. Wisata yang terletak di kaki Gunung Sumbing ini memiliki jalur yang sempit dan naik turun, sehingga tidak disarankan untuk menggunakan kendaraan roda empat. Para pengunjung dapat menggunakan kendaraan beroda dua milik pribadi atau menyewa di dekat sana. 

 

Tags : 2024 Desa Wisata Kaliangkrik Nepal Van Java Gunung Sumbing Desa Mangli Desa Nampan Sukomakmur

Most viewed photos