Wisata Ambarawa: Eksplorasi Sejarah Kereta Api hingga Santai di Waduk Rawa Pening

6 May 2024
399 viewers

Ambarawa, sebuah kota kecil di Kabupaten Semarang, memiliki beragam destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat liburan sekolah ini. Dua destinasi wisata yang paling terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan di Ambarawa, di antaranya adalah Museum Kereta Api dan Waduk Rawa Pening.

 

Museum Kereta Api Ambarawa adalah bekas stasiun kereta api yang sudah dialihfungsikan menjadi sebuah museum serta merupakan museum perkeretaapian pertama di Indonesia. Museum ini terletak di Panjang, Ambarawa, Semarang; pada ketinggian +474,40 meter, termasuk dalam Daerah Operasi IV Semarang. Untuk menunjang kepariwisataan, PT KAI menyediakan suatu angkutan kereta api wisata yang dapat berjalan dan dapat dinaiki oleh para pengunjung. Di museum ini terdapat dua layanan kereta api, yaitu kereta wisata Ambarawa–Bedono pp dan Ambarawa–Tuntang pp. Perjalanannya hanya dilakukan secara reguler pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional; untuk hari lain hanya bisa dilakukan dengan sistem sewa.

 

Setelah lelah menyusuri museum, Sobat Parekraf bisa bersantai di Waduk Rawa Pening. Rawa Pening merupakan danau alami dengan luas sekitar 2.670 hektar. Menempati empat wilayah kecamatan di Kabupaten Semarang, yaitu Kecamatan Bawen, Ambarawa,  Tuntang, dan Banyubiru. Waduk Rawa Pening juga terletak di cekungan antara Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Ungaran. Selain dijadikan tempat wisata, masyarakat di sekitar danau memanfaatkan Rawa Pening untuk memancing dan mencari ikan dengan menggunakan jala oleh nelayan. Banyak warga sekitar yang berprofesi menjadi nelayan dan banyak perahu nelayan yang berada di tengah dan tepian danau. Pemandangan banyaknya perahu ini juga semakin menambah keindahan dari Rawa Pening.

Tags : 2024 Wisata Alam Wisata Sejarah Ambarawa Museum Kereta Api

Most viewed photos