Kuliner Kalimantan Timur yang Menggugah Selera

15 Sep 2023
461 viewers

Setelah berkeliling melihat perkembangan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), Wonderful Images tidak lupa juga menampilkan kuliner Kalimantan Timur yang menggugah selera.

 

1. RM Apong

Boga bahari menjadi salah satu kuliner terkenal dari Balikpapan. Salah satu yang menjadi khas asli Balikpapan adalah Kepiting Angsio (di Rumah Makan Apong). Kuliner ini memadukan kepiting dengan saus telur asin, saus tiram, ditemani dengan aroma bawang putih dan bawang bombay yang menambah citarasa. Selain Kepiting Angsio, juga ada Udang Gala Bakar Madu. Dibalut dengan saus madu, daging udangnya yang tebal ini terasa manis dengan aroma yang gurih. 

 

2. Soto Banjar

Soto Banjar merupakan soto asli khas Kalimantan. Selain rasanya yang segar dan nikmat, keunikan dari soto banjar ini adalah isinya yang ditambahkan telur dan potongan singkong yang telah diolah menjadi perkedel. Sebagai pelengkapnya, pengunjung dapat memilih nasi atau ketupat.

 

3. Pisang Gapit 

Pisang gapit adalah kuliner khas Kalimantan yang dibuat dari pisang kepok yang dibakar lalu dibaluri oleh saus manis dan taburan nangka. Sekilas tampilannya mirip kolak, namun disajikan dengan kuah kental. Aroma pisang bakarnya menambah selera dan citarasa tersendiri yang tidak boleh dilewatkan. 

 

4. Bubur Samarinda

Dikarenakan lokasi Balikpapan yang tidak jauh dari Samarinda, maka terdapat kemiripan antara kedua kota ini. Contohnya, bubur samarinda ini. Sekilas terlihat seperti soto, alih-alih dengan nasi atau ketupat, mereka menggunakan bubur yang membuatnya unik. Rasanya yang segar dan sedikit asam karena tomatnya, memberi citarasa yang unik untuk kuliner ini.

 

Tags : 2023 Kalimantan Timur Balikpapan Samarinda

Most viewed photos