Andalkan Pantai dan Hutan Bakau, Desa Wisata Lantebung Makassar Sulsel Tembus ADWI 2023

Azhari Setiawan
12 Jul 2023
746 viewers

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengapresiasi Desa Wisata Lantebung di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang mengandalkan wisata pantai dan hutan bakau hingga mampu menembus 75 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Menparekraf Sandiaga dalam kunjungannya ke Desa Wisata Lantebung, Rabu (12/7/2023), mengatakan tumbuhan bakau memiliki peran penting dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

"Saya melihat selain (bakau) ini menjadi destinasi dari segi pariwisata, tapi juga berperan dalam hal keberlanjutannya. Karena mangrove ini sangat efektif untuk menyerap karbon dan menjadi salah satu favorit dalam kita melakukan carbon offsetting," kata Sandiaga.

Dengan potensi hutan bakau itulah Desa Lantebung menerima penghargaan 
Kalpataru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada tahun 2020. Dari sisi lokasi, Desa Wisata Lantebung pun tergolong mudah dijangkau karena berjarak sangat dekat dengan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, yaitu sekitar 13 kilometer. 

Selain hutan mangrove, Desa Lantebung juga membangun lorong wisata berwarna-warni, sehingga jalanan menuju hutan Mangrove dipenuhi dengan warna ceria yang menghiasai dan memperindah jalanan.

Dengan adanya potensi yang dimiliki Desa Wisata Lantebung, Menparekraf Sandiaga meyakini potensi ini bisa mendorong kebangkitan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja. Karena, kehadiran desa wisata ini bisa mendorong terbentuknya pariwisata berbasis komunitas.

"Sehingga ekonomi dan kesejahteraan rakyat bisa meningkat," katanya.

Dalam kesempatan ini Menparekraf Sandiaga juga memberikan penghargaan kepada desa-desa wisata lain di Sulawesi Selatan yang berhasil menembus 75 besar ADWI 2023. 

Desa-desa tersebut adalah Desa Wisata Balla Barakkaka Ri Galesong di Kabupaten Takalar, Desa Wisata Tompo Bulu Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Desa Wisata Rammang-Rammang di Kabupaten Maros, Desa Wisata Andalan di Kabupaten Bulukumba, Desa Wisata Agrowisata Desa Kassi di Kabupaten Jeneponto, dan Desa Wisata Rinding Allo di Kabupaten Luwu Utara.

Dalam kunjungan ini Menparekraf Sandiaga didampingi Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis, Brigjen TNI Ario Prawiseso; Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan Kemenparekraf/Baparekraf, Indra Ni Tua; dan Direktur Poltekpar Makassar, M. Arifin.

Turut hadir pula Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi; Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani; Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulawesi Selatan, Andry S. Arief Bulu; serta sejumlah perwakilan dari pemerintah kabupaten di Sulawesi Selatan yang berhasil menembus 75 Besar ADWI 2023.

Tags : 2023 ADWI Anugerah Desa Wisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Makassar Sandiaga Salahuddin Uno Sulawesi Selatan Desa Wisata Lantebung

Most viewed photos