Menparekraf Dorong Terbentuknya Ekosistem Ekraf di Padang Panjang Sumbar Lewat KaTa Kreatif 2023

Azhari Setiawan
1 Apr 2023
618 viewers

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong terbentuknya ekosistem ekonomi kreatif di Kota Padang Panjang, Sumatra Barat, melalui program Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif 2023.

"Acara ini diharapkan bisa menjadi bagian dari pembentukan ekosistem ekonomi kreatif di Kota Padang Panjang yang sudah punya daya tarik wisata yang banyak. Tapi ekonomi kreatifnya harus terus kita kembangkan ekosistemnya terutama proses uji petik yang kita harapkan bisa segera difasilitasi," kata Menparekraf Sandiaga dalam Workshop KaTa Kreatif di Auditorium Mifan, Padang Panjang, Sabtu (1/4/2023).

Oleh karena itu, Sandiaga mengatakan pihaknya akan mendorong percepatan uji petik subsektor ekonomi kreatif yang menjadi unggulan di "Kota Serambi Makkah"-nya Sumbar itu. Sehingga nantinya Padang Panjang bisa ditetapkan sebagai bagian dari Kabupaten/Kota Kreatif di Indonesia.

"Potensi produk-produk kriya dan kuliner di Padang Panjang ini sudah sangat melegenda. Jadi ini harus terus kita dorong sehingga para pelaku ekonomi kreatif ini bisa membuka peluang usaha dengan target 4,4 juta lapangan kerja pada 2024," katanya.

Dalam kesempatan serupa, Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran, mengungkapkan kegiatan ini diharapkan bisa memberikan motivasi kepada masyarakat dan Pemerintah Kota Padang Panjang untuk terus menggali potensi ekonomi kreatif yang ada untuk memperkuat potensi wisata di daerahnya. "Kami yakin ada banyak sekali (potensi ekraf) di Padang Panjang jadi kami mohon asistensinya," ujar Fadly.

Tags : 2023 KaTa Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno Kota Padang Panjang

Most viewed photos