Menparekraf Ajak STAI Darul Ulum Banyuanyar Kolaborasi dengan Santridigitalpreneur Cetak Santri Unggul dan Berdaya Saing

Azhari Setiawan
18 Dec 2022
697 viewers

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Ulum Banyuanyar berkolaborasi mencetak santri unggul dan profesional dalam menghadirkan konten kreatif melalui program unggulan Kemenparekraf Santridigitalpreneur.

Menparekraf Sandiaga usai menghadiri acara Wisuda ke-2 STAI Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan, Jawa Timur, Minggu (18/12/2022) mengatakan, santri memiliki peran sentral dalam pengembangan ekonomi di tanah air. 

Utamanya dalam menghadapi tantangan ekonomi yang bertransformasi ke arah digital. Dimana dampak digitalisasi tidak hanya ke arah yang positif, tapi juga ada dampak negatifnya. Sehingga kebutuhan terhadap konten-konten kreatif yang bernafaskan islami menjadi peluang besar para santri menuju Indonesia yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur.

"Tahun depan kita akan merangkul ponpes Darul Ulum Banyuanyar ini untuk mencetak santri-santri yang akan memimpin baik dari segi iptaq (iman dan taqwa) dan iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi). Khususnya menciptakan konten konten kreatif 3D, 2D, termasuk podcast. Ini yang kita harapkan mencetak begitu banyak peluang usaha dan lapangan kerja," ujar Menparekraf.

Dalam program Santridigtalpreneur, jelas Sandiaga, para santri dibekali ilmu digitalisasi dengan tren kekinian yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan daya saing. Hingga saat ini program Santridigitalpreneur baru menyentuh 20 persen dari lima juta santri yang tersebar di  28 ribu lebih pondok pesantren di Indonesia.

"Namun dengan berkolaborasi dan menghilangkan egosektoral. Kami yakin bisa mencapai angka 70-80 persen dari dua tahun kedepan," kata Menparekraf Sandiaga.

Tags : Jawa Timur Madura Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pamekasan Sandiaga Salahuddin Uno Santri Digitalpreneur

Most viewed photos